RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas mata pelajaran
Sekolah : SMA......................
Kelas/ semester :
X IPS / 1 (satu)
Mata pelajaran :
Ekonomi
Tema pelajaran :
Kebutuhan Manusia
Jumlah pertemuan :
1 (satu) kali pertemuan
II.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi
III.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
IV.
Indikator
1.
Mendeskripsikan Pengertian
kebutuhan manusia
2.
Mengindikasikan bermacam-macam kebutuhan manusia
V.
Tujuan pembelajaran
1.
Setelah mempelajari
materi ini, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan kebutuhan manusia.
2.
Setelah mempelajari
materi ini, siswa diharapkan dapat mengindikasikan bermacam-macam kebutuhan
manusia.
3.
Setelah mempelajari
materi ini, siswa diharapkan dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan.
4.
Setelah mempelajari
materi ini, siswa diharapkan dapat memahami Jenis-jenis barang pemuas
kebutuhan.
VI.
Materi Ajar
1.
Pengertian dari kebutuhan manusia
Keinginan
manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memerikan kepuasan jasmani maupun
rohani.
2.
Macam-macam kebutuhan manusia
1)
kebutuham menurut intensitasnya
a.
kebutuhan primer
(pokok)
kebutuhan
primer merupakan kebutuhan minimal yang harus dipenuhi agar dapat hidup seperti
layaknya manusia.
contohnya:
pangan, papan dan sandang.
b.
Kebutuhan sekunder
Sebagai
makluk berbudaya, manusia memerlukan hal yang lain yang membanya diterima
masyarakat. jenis kebutuhan ini terkait dengan faktor lingkungan serta tradisi
masyarakat.
contohnya
: TV atau radio
c.
Kebutuhan tersier
Kebutuhan
tersier erpenuhi setelah terpenuhi kebutuhan primer dan skunder.
contohnya perhiasan, intan dan lain-lain.
2)
Kebutuhan menurut subjeknya
a.
kebutuhan individu meliputi
segala sesuatu yang dibutuhkan oleh perorangan.
contohnya:
komputer bagi seorang kariawan
b.
kebutuhan kelompok
(masyarakat)
kebutuhan
kelompok segala sesuatu yang dibutuhkan manusia bersama.
contohnya:
kebutuhan energi listrik, dalan raya dan lain-lainnya.
3)
kebutuhan menurut waktu
a.
kebutuhan sekarang
Seandainya
saat ini turun hujan dan kamu harus pergi keluar rumah, kamu tentu membutuhkan
payung atau jas hujan.
b.
Kebutuhan masa
depan
kebutuhan
masa depan ada yang bersifat jangka pendek dan juga jangka panjang.
contohnya
: kebutuhan rekreasi (kebutuhan jangka pendek) dan kebutuhan reboisasi
(kebutuhan jangka panjang), kebutuhan pendidikan dan lain-lain.
4)
kebutuhan menurut sifatnya
a.
Kebutuhan jasmani
kebutuhan
jasmani berkaitan dengan kebutuhan fisik.
contohnya
: menjaga keterampilan dan kesehatan
b.
kebutuhan rohani
kebutuhan
rohani berkaitan kebutuhan jiwa atau kepuasan batin.
contohnya:
belajar, beribadah dan menikmati hiburan.
3.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi kebutuhan
a.
Kondisi alam
b.
Perkembangan zaman
c.
Agama dan
kepercayaan
d.
Adat istiadat
(tradisi)
4.
Jenis-jenis barang
pemuas kebutuhan
1.
barang menurut
tujuan penggunaan
a.
Barang konsumsi,
digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara langsung.
b.
Barang produksi,
untuk menghasilkan barang konsumsi dan barang
modal lainya.
2.
Barang menurut cara
memperolehan
a.
Barang bebas,
seperti air laut dan udarayang telah disediakan oleh Tuhan.
b.
Barang ekonomis,
barang yang relatif terbatas sedangkan yang menginginkannya banyak.
3.
Barang menurut
hubungannya dengan barang lain
a.
Barang subsitusi,
seperti sebagai alat tulis pensil dapat menggantikan fungsi bolpoin.
b.
Barang komplemeter,
barang ini baru dapat digunakan apabila bersamaan dengan barang lainya. seperti
: bolpoin membutuhkan tinta, mobil membutuhkan bensin dan lain-lainya.
4.
Barang membuat
proses pembuatannya
a.
Barang mentah,
merupakan barang dasar pembuatan barang pemuas kebutuhan.
b.
Barang setengah
jadi, hasil prosesan bahan mentah dan masih digunakan dalam proses produksi
selanjutnya.
c.
Barang jadi, barang
jadi hampir sama dengan barang konsumsi.
VII.
Alokasi waktu : 1
x 45 menit
VIII.
Metode pembelajaran
1.
Kelompok kecil
2.
Demontrasi
3.
Diskusi
4.
Tanya jawab
IX.
Kegiatan pembelajaran
Pendidik
|
Perserta didik
|
Alokasi waktu
|
1.
Kegiatan awal
a.
Meninjau kesiapan
siswa untuk menerima pelajaran dengan mengabsensi dan melihat kesiapan siswa
untuk menerima pelajaran.
b.
Memotivasi
siswa untuk menjelaskan kebutuhan manusia yang diketahui.
c.
Menjelaskan
Tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan inti
Eksplorasi
a.
Membagi
siswa per kelompok
b.
Menugaskan
membuat kebutuhan siswa mulai dari bangun hingga tidur
c.
Mendeskripsikan
Kebutuhan manusia
Elaborasi
a. Memberikan kesempatan kepada perserta didik/ siswa
untuk membahas kasus yang diberikan
b. Memberikan kesempatan kepada kelompok untuk
menyampaikan hasil dari kelompok
Konfirmasi
a. memeberikan umpan balik positif dan pengutan dalam
bentuk lisan terhadap hasil kelompok
b. memberikan konfirmasi atas hasil persentasi kelompok melalui berbagai sumber
3.
Kegiatan akhir
a. Mereviu matari yang sudah dipelajari
b. Menyimpulkan hasil pembelajaran bersama siswa
c. Melakukan penilaian atas kelompok yang dipilih.
d. Pemberian
Tugas berupa artikel kepada siswa
(kelompok)
|
a.
mempersiapkan
diri untuk menerima pelajaran.
b.
menjawab
pertanyaan dari pendidik
c.
Mendengarkan
penjelasan
a.
membentuk kelompok
kecil dalam belajar
b.
Mendiskusikan
dengan kelompok
c.
mendengarkan
penjelasan dari pendidik
a.
Memahami
soal dan membahasnya
b.
Mempersentasikan
hasil dari kelompok
a.
mendengarkan
kesimpulan dari pendidik.
b.
Mendengarkan
/ menanggapi dari konfirmasi dari pendidik
a.
Mempersiapkan
diri
b.
Mendengarkan
& Bertanya jika ada keraguan
c.
mempersiapkan
diri
d.
Membahas
artikel
|
10 menit
15 menit
10 menit
5 menit
5 menit
|
X.
Penilaian hasil belajar
A.
Pertanyaan singkat
(sebagai evaluasi ulang materi yang dipelajarikan)
1.
Payung berguna pada
waktu hujan . Payung memenuhi kebutuhan….
2.
Pak Agus selalu pergi
ke mesjid untuk menunaikan shalat setiap azan berkumandang.Pak agus memenuhi
kebutuhan….
3.
Anita sering membeli
kemasan air minum seperti Aqua. Dalam hal ini Aqua merupakan benda….
4.
Sebutkan kebutuhan
menurut intensitasnya….
5.
Agama dan peradaban
merupakan faktor yang mempengaruhi….
B.
Kasus ( berupa
artikel) Belajar
dari masalah
(Tugas Rumah/
kelompok)
Pada
saat ini, memang kita diserbu oleh segala jenis media dari segala penjuru.
iklan berbagai macam produk dengan berbagai cara dan gaya membuat pikiran
didalam otak kita selalu dicuci oleh para produsen barang- barang tersebut.
hampir tidak ruang dan waktu yang kosong dari iklan.
Para podusen pun berlomba-lomba membuat
iklan kreatif yang memancing keingin tahuan kita. mereka menggoda kita untuk
mencobanya, kemudian membeli dan akhir menjadi pelanggan. memang berat bagi
kita untuk menolak keinginan untuk memiliki barang-barang yang diiklankan
diberbagai media.
Stasiun televisi pada saat inipenuh
dengan berbagai tayangan iklan yang menawarkan bermacam produk. mulai
produk-produk fashion, kecantikan,
makanan, hingga tempat hiburan. belum lagi majalah-majalah remaja yang makin
banyak. semua secara perlahan-lahan namun pasti, menuntut kita memasuki budaya
konsumerisme. cotoh paling sederhana,
adalah handphone. fungsi handphone sesungguhnya sebagai alat
komunikasi, tetapi telah menjadi semacam tolak ukur keberhasilan atau bahkan image seseorang. seseorang sering tampil
dengan handphone model baru sianggap
wah. padahal semua itu adalah semu. saat ini banyak pengguna handphone berharga
jutaan rupiah,namun kalau diamati pulsanya mungkin rata-rata kurang dari 100
ribu perbulan atau bahkan sering kehabisan pulsa.
Dikutip dari :www.
pikiran rakyat. com
Setelah
membaca artikel diatas, diskusikan dengan kelompok mu bagaimana pengaruh iklan
terhadap kebutuhan manusia. bagaimana cara atau kiat aar dalam memenuhi
kebutuhan, kita tidak terlalu terpengaruh oleh iklan, namun disesuaikan dengan
kemampuan ekonomi kita ?
XI.
Sumber belajar
-
Pribadi Setianto.
Ayunda D. Prayoga. (2007). EKONOMI KELAS X SMA/MA. Klanten: PT. Intan
Pariwara
-
Tim Penyusun MGMP
Ekonomi Kota Padang. Bahan Ajar dan Lembar Uji Kompetensi Ekonomi SMA Kelas X.
2010
XII.
Alat dan Media yang digunakan
v Papan tulis
v Spidol
v LCD
v Gambar
v Bagan
v Skema
v Lembar jawaban (kasus)
Mengetahui: Padang, 15
April 2013
Kepala
Sekolah Guru
mata Pelajaran
EZI
................................. NIM.
16220/2010
Play Online Casino Games Online at Kadangpintar - Central Asia
BalasHapusJoin Kadangpintar Casino 제왕카지노 and experience the thrill of authentic casino games. Start playing 온카지노 now to 메리트카지노 earn your welcome bonuses!
The Casino of Dreams - Dr.MCD
BalasHapusWelcome to The 경기도 출장마사지 Casino 오산 출장샵 of Dreams. Welcome to our website 고양 출장안마 and mobile app. The best of the best in casino entertainment in the world. 동두천 출장마사지 Experience the excitement of live and 안산 출장샵 in-game gaming in