Selasa, 07 Mei 2013

RPP kebutuhan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

       I.            Identitas mata pelajaran
Sekolah                        :  SMA......................
Kelas/ semester            : X IPS / 1 (satu)
Mata pelajaran             : Ekonomi
Tema pelajaran            : Kebutuhan Manusia
Jumlah pertemuan       : 1 (satu) kali pertemuan

    II.            Standar Kompetensi
1.      Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
 III.                        Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
 IV.            Indikator
1.      Mendeskripsikan Pengertian kebutuhan manusia
2.      Mengindikasikan  bermacam-macam kebutuhan manusia

    V.       Tujuan pembelajaran
1.      Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan kebutuhan manusia.
2.      Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat mengindikasikan bermacam-macam kebutuhan manusia.
3.      Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
4.      Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat memahami Jenis-jenis barang pemuas kebutuhan.



 VI.            Materi Ajar
1.      Pengertian dari kebutuhan manusia
Keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memerikan kepuasan jasmani maupun rohani.
2.      Macam-macam kebutuhan manusia
1)      kebutuham menurut intensitasnya
a.       kebutuhan primer (pokok)
kebutuhan primer merupakan kebutuhan minimal yang harus dipenuhi agar dapat hidup seperti layaknya manusia.
contohnya: pangan, papan dan sandang.
b.      Kebutuhan sekunder
Sebagai makluk berbudaya, manusia memerlukan hal yang lain yang membanya diterima masyarakat. jenis kebutuhan ini terkait dengan faktor lingkungan serta tradisi masyarakat.
contohnya : TV atau radio
c.       Kebutuhan tersier
Kebutuhan tersier erpenuhi setelah terpenuhi kebutuhan primer dan skunder.
contohnya  perhiasan, intan dan lain-lain.
2)      Kebutuhan menurut subjeknya
a.       kebutuhan individu meliputi segala sesuatu yang dibutuhkan oleh perorangan.
contohnya: komputer bagi seorang kariawan
b.      kebutuhan kelompok (masyarakat)
kebutuhan kelompok segala sesuatu yang dibutuhkan manusia bersama.
contohnya: kebutuhan energi listrik, dalan raya dan lain-lainnya.



3)      kebutuhan menurut waktu
a.       kebutuhan sekarang
Seandainya saat ini turun hujan dan kamu harus pergi keluar rumah, kamu tentu membutuhkan payung atau jas hujan.
b.      Kebutuhan masa depan
kebutuhan masa depan ada yang bersifat jangka pendek dan juga jangka panjang.
contohnya : kebutuhan rekreasi (kebutuhan jangka pendek) dan kebutuhan reboisasi (kebutuhan jangka panjang), kebutuhan pendidikan dan lain-lain.
4)      kebutuhan menurut sifatnya
a.       Kebutuhan jasmani
kebutuhan jasmani berkaitan dengan kebutuhan fisik.
contohnya : menjaga keterampilan dan kesehatan
b.      kebutuhan rohani
kebutuhan rohani berkaitan kebutuhan jiwa atau kepuasan batin.
contohnya: belajar, beribadah dan menikmati hiburan.
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
a.       Kondisi alam
b.      Perkembangan zaman
c.       Agama dan kepercayaan
d.      Adat istiadat (tradisi)
4.      Jenis-jenis barang pemuas kebutuhan
1.      barang menurut tujuan penggunaan
a.       Barang konsumsi, digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara langsung.
b.      Barang produksi, untuk menghasilkan barang konsumsi dan barang  modal lainya.

2.      Barang menurut cara memperolehan
a.       Barang bebas, seperti air laut dan udarayang telah disediakan oleh Tuhan.
b.      Barang ekonomis, barang yang relatif terbatas sedangkan yang menginginkannya banyak.
3.      Barang menurut hubungannya dengan barang lain
a.       Barang subsitusi, seperti sebagai alat tulis pensil dapat menggantikan fungsi bolpoin.
b.      Barang komplemeter, barang ini baru dapat digunakan apabila bersamaan dengan barang lainya. seperti : bolpoin membutuhkan tinta, mobil membutuhkan bensin dan lain-lainya.
4.      Barang membuat proses pembuatannya
a.       Barang mentah, merupakan barang dasar pembuatan barang pemuas kebutuhan.
b.      Barang setengah jadi, hasil prosesan bahan mentah dan masih digunakan dalam proses produksi selanjutnya.
c.       Barang jadi, barang jadi hampir sama dengan barang konsumsi.

VII.            Alokasi waktu : 1 x 45 menit
VIII.            Metode pembelajaran
1.      Kelompok kecil
2.      Demontrasi
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab





 IX.            Kegiatan pembelajaran
Pendidik
Perserta didik
Alokasi waktu
1.      Kegiatan awal
a.       Meninjau kesiapan siswa untuk menerima pelajaran dengan mengabsensi dan melihat kesiapan siswa untuk menerima pelajaran.
b.      Memotivasi siswa untuk menjelaskan kebutuhan manusia yang diketahui.
c.       Menjelaskan Tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2.      Kegiatan inti
Eksplorasi
a.       Membagi siswa per kelompok
b.      Menugaskan membuat kebutuhan siswa mulai dari bangun hingga tidur
c.       Mendeskripsikan Kebutuhan manusia

Elaborasi
a.       Memberikan kesempatan kepada perserta didik/ siswa untuk membahas kasus yang diberikan
b.      Memberikan kesempatan kepada kelompok untuk menyampaikan hasil dari kelompok

Konfirmasi
a.       memeberikan umpan balik positif dan pengutan dalam bentuk lisan terhadap hasil kelompok
b.      memberikan konfirmasi atas hasil persentasi  kelompok melalui berbagai sumber

3.    Kegiatan akhir
a.       Mereviu matari yang sudah dipelajari
b.      Menyimpulkan hasil pembelajaran bersama siswa
c.       Melakukan penilaian atas kelompok  yang dipilih.

 d. Pemberian Tugas berupa artikel  kepada siswa (kelompok)

a.     mempersiapkan diri untuk menerima pelajaran.


b.      menjawab pertanyaan dari pendidik

c.       Mendengarkan penjelasan


a.       membentuk kelompok kecil dalam belajar

b.      Mendiskusikan dengan kelompok

c.       mendengarkan penjelasan dari pendidik


a.       Memahami soal dan membahasnya



b.      Mempersentasikan hasil dari kelompok




a.     mendengarkan kesimpulan dari pendidik.


b.      Mendengarkan / menanggapi dari konfirmasi dari pendidik



a.       Mempersiapkan diri

b.      Mendengarkan & Bertanya jika ada keraguan
c.       mempersiapkan diri


d.      Membahas artikel

10 menit












15 menit









10 menit









5 menit










5 menit






    X.            Penilaian hasil belajar
A.    Pertanyaan singkat
(sebagai evaluasi ulang materi yang dipelajarikan)
1.      Payung berguna pada waktu hujan . Payung memenuhi kebutuhan….
2.      Pak Agus selalu pergi ke mesjid untuk menunaikan shalat setiap azan berkumandang.Pak agus memenuhi kebutuhan….
3.      Anita sering membeli kemasan air minum seperti Aqua. Dalam hal ini Aqua merupakan benda….
4.      Sebutkan kebutuhan menurut intensitasnya….
5.      Agama dan peradaban merupakan faktor yang mempengaruhi….

B.     Kasus ( berupa artikel) Belajar dari masalah
(Tugas Rumah/ kelompok)
Pada saat ini, memang kita diserbu oleh segala jenis media dari segala penjuru. iklan berbagai macam produk dengan berbagai cara dan gaya membuat pikiran didalam otak kita selalu dicuci oleh para produsen barang- barang tersebut. hampir tidak ruang dan waktu yang kosong dari iklan.
        Para podusen pun berlomba-lomba membuat iklan kreatif yang memancing keingin tahuan kita. mereka menggoda kita untuk mencobanya, kemudian membeli dan akhir menjadi pelanggan. memang berat bagi kita untuk menolak keinginan untuk memiliki barang-barang yang diiklankan diberbagai media.
        Stasiun televisi pada saat inipenuh dengan berbagai tayangan iklan yang menawarkan bermacam produk. mulai produk-produk fashion, kecantikan, makanan, hingga tempat hiburan. belum lagi majalah-majalah remaja yang makin banyak. semua secara perlahan-lahan namun pasti, menuntut kita memasuki budaya konsumerisme. cotoh  paling sederhana, adalah handphone. fungsi handphone sesungguhnya sebagai alat komunikasi, tetapi telah menjadi semacam tolak ukur keberhasilan atau bahkan image seseorang. seseorang sering tampil dengan handphone model baru sianggap wah. padahal semua itu adalah semu. saat ini banyak pengguna handphone berharga jutaan rupiah,namun kalau diamati pulsanya mungkin rata-rata kurang dari 100 ribu perbulan atau bahkan sering kehabisan pulsa.
Dikutip dari :www. pikiran rakyat. com
Setelah membaca artikel diatas, diskusikan dengan kelompok mu bagaimana pengaruh iklan terhadap kebutuhan manusia. bagaimana cara atau kiat aar dalam memenuhi kebutuhan, kita tidak terlalu terpengaruh oleh iklan, namun disesuaikan dengan kemampuan ekonomi kita ?
 XI.            Sumber belajar
-          Pribadi Setianto. Ayunda D. Prayoga. (2007). EKONOMI KELAS X SMA/MA. Klanten: PT. Intan Pariwara
-          Tim Penyusun MGMP Ekonomi Kota Padang. Bahan Ajar dan Lembar Uji Kompetensi Ekonomi SMA Kelas X. 2010
XII.            Alat dan Media yang digunakan
v  Papan tulis
v  Spidol
v  LCD
v  Gambar
v  Bagan
v  Skema
v  Lembar jawaban (kasus)
Mengetahui:                                                                Padang, 15 April  2013
Kepala Sekolah                                                           Guru mata Pelajaran


                                                                                                EZI
.................................                                                   NIM. 16220/2010

2 komentar:

  1. Play Online Casino Games Online at Kadangpintar - Central Asia
    Join Kadangpintar Casino 제왕카지노 and experience the thrill of authentic casino games. Start playing 온카지노 now to 메리트카지노 earn your welcome bonuses!

    BalasHapus
  2. The Casino of Dreams - Dr.MCD
    Welcome to The 경기도 출장마사지 Casino 오산 출장샵 of Dreams. Welcome to our website 고양 출장안마 and mobile app. The best of the best in casino entertainment in the world. 동두천 출장마사지 Experience the excitement of live and 안산 출장샵 in-game gaming in

    BalasHapus